Papua,

Tulisan Singkat tentang Papua

April 18, 2016 Bisa Papua 0 Comments


Banyak yang masih melihat orang Papua seakan tidak mampu, masih butuh dibimbing dan diajarkan segala macam, padahal faktanya Orang Papua sudah bisa segalanya sejak dunia diciptakan.

Orang Papua mengalami peningkatan dalam berbagai aspek, baik secara politik, ekonomi, budaya dan aspek lainnya.
Orang Papua pada masa lalu bahkan telah memetakan setiap kepunyaan wilayah tanpa ada yang saling merampas. Atau saling menghancurkan untuk menguasai hak tanah milik orang lain.

Apa yang terjadi saat ini ? Kehadiran berbagai bangsa di  Papua makin mempersempit ruang orang Papua dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya luhurnya. Alasan perkembangan, agar tidak dianggap ketinggalan zaman dan sebagainya memicu pembukaan lahan-lahan perkebunan untuk sawah maupun sawit. Pengeboran perut bumi Papua pun terus terjadi, perusahaan raksasa seperti PT. Freeport juga LNG Tangguh dan berbagai perusahaan kayu yang ikut mempercepat kerusakan alam Papua.

Orang Papua tersisih dalam beberapa aspek, tetapi bukan berarti kemudian hilang. Karena pada kenyataannya banyak bermunculan juga orang-orang Papua yang hebat-hebat yang bisa dipercaya untuk memimpin, baik di tingkat pusat seperti menteri, staf presiden dan juga bidang-bidang lainnya.


0 komentar: