Header Ads

Apa arti Cemburu dan 10 Tips Mengatasinya

 

Apa itu cemburu? mengapa sikap cemburu itu kadang muncul dalam kehidupan kita. Kadang bukan hanya di persoalan hati alias cinta saja tetapi juga di persoalan sosial lainnya. Cemburu terhadap kelebihan yang dimiliki orang lain. Cemburu kadang mendekati iri jika itu bukan ke sebuah hubungan.
Lalu ada dan bagaimana hingga cemburu itu muncul, langkah-langkah atau solusi apa untuk antisipasi persoalan rasa cemburu itu. Dalam tulisan singkat ini lebih mengarah pada cemburu ddidalam sebuah hubungan.

Dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) cemburu diartikan sebagai berikut:
cemburu/cem·bu·ru/ a 1 merasa tidak atau kurang senang melihat orang lain beruntung dan sebagainya; sirik: ia -- melihat madunya berjalan berduaan dengan suaminya; 2 kurang percaya; curiga (karena iri hati): istrinya selalu -- kalau suaminya pulang terlambat;
-- buta sangat cemburu;

bercemburu/ber·cem·bu·ru/ v merasa cemburu;

bercemburuan/ber·cem·bu·ru·an/ v saling bercemburu; saling mencemburui;

mencemburui/men·cem·bu·rui/ v cemburu kepada;

mencemburukan/men·cem·bu·ru·kan/ v 1 cemburu kepada atau tentang sesuatu; 2 menimbulkan rasa cemburu (curiga);

cemburuan/cem·bu·ru·an/ v 1 saling cemburu; 2 mudah cemburu;

kecemburuan/ke·cem·bu·ru·an/ n 1 keirihatian; kesirikan; 2 kecurigaan; kekurangpercayaan
Selain itu Cemburu juga diartikan oleh banyak orang sebagai "Tanda Cinta". Namun cemburu dalam batasan yang wajar tak apa. Jika berlebihan? apa kata dunia, sudah pasti; bisa mengakhiri suatu hubungan.
Lantas apa saja yang menjadi langkah atau solusi agar mengurangi ke"cemburu"an dalam suatu hubungan? berikut 10 tips yang patut dan layak dibaca dan ikuti :
10.  Jangan pernah dengan sengaja membuat orang lain merasa cemburu
Terkadang, kita secara sengaja justru membuat pasangan kita merasa cemburu dengan berbagai cara.  Mungkin kita melakukan hal itu untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dari pasangan atau untuk membuktikan padanya bahwa anda masih dianggap menarik oleh orang lain.  
Jika anda ingin menghilangkan rasa cemburu, jangan pernah melakukan hal ini.  Ini bisa membuat pasangan anda merasa tersakiti, sehingga ia nantinya pun akan berpotensi untuk memperlakukan anda dengan perlakuan yang sama.  Intinya, jika anda tidak ingin terbakar, jangan bermain-main api.  Jagalah perasaan orang yang benar-benar anda cintai.

9.  Berhentilah berimajinasi
Rasa cemburu biasanya datang karena anda terlalu banyak berimajinasi dan memikirkan berbagai hal yang negatif.  Jika ini dibiarkan berlarut-larut, maka rasa cemburu akan terus menghantui pikiran anda. Oleh karena itu, jangan berikan ruang bagi otak anda untuk berpikir terlalu banyak, terutama memikirkan hal-hal yang tidak ada di depan mata anda.
Cobalah untuk selalu sibuk untuk mencegah anda membayangkan berbagai hal negatif.  Gunakan pikiran anda untuk mengerjakan perkerjaan harian, membaca, atau sekedar menonton hiburan maupun bermain game.  Hal ini sangat terbukti efektif untuk meredam rasa cemburu.

8.  Jika berimajinasi, gunakanlah untuk membangun prasangka positif, bukan negatif
Jika memang ternyata anda adalah orang yang suka berimajinasi dan melamun serta tidak bisa menghilangkan kebiasaan ini, maka bayangkanlah berbagai hal yang positif.  Selalu berpikir tentang hal-hal yang baik yang dilakukan oleh orang yang anda cintai.  Daripada memikirkan hal-hal yang bisa membuat anda cemburu, susunlah berbagai rencana serta hal-hal menyenangkan yang nantinya akan anda lakukan bersama pasangan.
Pikiran negatif dan prasangka buruk adalah bibit utama kecemburuan, oleh karena itu hal ini harus dipangkas sampai ke akarnya.  Ketika akhirnya anda berhasil mengatasi hal ini, maka dengan mudah rasa cemburu di dalam dada akan hilang.

7.  Bangun rasa percaya diri anda
Yakinkan diri anda bahwa anda adalah seseorang yang memiliki kualitas dan kelebihan dibandingkan orang lain.  Sebelum merasa cemburu pada wanita atau pria lain, bercerminlah dan yakinlah bahwa anda adalah orang yang layak untuk dicintai oleh pasangan, sehingga ia tidak akan berpaling dari anda. Percayalah bahwa anda-lah orang yang benar-benar dicintai oleh pasangan anda.

6.  Berpikir secara realistis
Selain berpikir positif, anda juga harus realistis dalam menghadapi sebuah keadaan.  Cobalah untuk berpikir berdasarkan fakta-fakta yang ada di depan mata, bukan dengan emosi yang justru akan membuat diri anda merasa lebih khawatir.  Sekarang pahamilah fakta di mana anda dan pasangan setidaknya sudah saling berkomitmen.  Anda juga tentu saja memilih pasangan berdasarkan sifat-sifat baik serta kejujurannya.  Secara logis, ia tidak akan seenaknya mengingkari komitmen yang sudah ditetapkan oleh anda berdua hanya untuk sebuah hubungan singkat dengan pihak lain.  Kembangkanlah berbagai analisa logis seperti ini setiap kali rasa cemburu mulai melanda.

5.  Jangan bersikap berlebihan 
Sikap yang berlebihan tidak hanya membuat anda makin cemburu, namun juga bisa membuat pasangan merasa risih dan jengkel dalam menghadapi sifat anda.  Sekali lagi, pelajari keadaan, lakukan analisa secara logis, dan jangan langsung menumpahkan emosi yang tersulut oleh rasa cemburu.
Pasangan anda pasti akan bingung ketika melihat anda tiba-tiba menangis meraung-raung atau marah-marah pada dirinya.  Oleh karena itu, janganlah menumpahkan emosi di depan.  Bicarakanlah dahulu baik-baik, dengarkan penjelasannya, dan pertimbangkan semua hal ini dengan logis.  Jika anda memang perlu bereaksi, lakukanlah seperlunya dan jangan mendramatisir keadaan.

4.  Optimis
Selalu berpikiri optimis dan positif.  Ingat, anda berdua telah sama-sama membangun komitmen, dan tentunya apa yang anda berdua lakukan saat ini semata-mata dilakukan untuk menjaga komitmen tersebut.  Jika memang pasangan anda melakukan sesuatu yang mengobarkan kecemburuan, cobalah untuk memandangnya dari sisi lain.  Percayalah bahwa ia melakukan hal itu dengan tidak sengaja dan bukan untuk melukai anda.
Selalu berpikir optimis dan positif.  Buat pasangan anda juga mengembangkan sikap yang sama terhadap diri anda.  Sikap optimis tidak hanya bisa menghilangkan rasa cemburu, namun juga membuat hubungan lebih harmonis.

3.  Jika rasa cemburu membuat anda kehilangan kontrol emosi, bicarakanlah dengan orang lain

Mungkin ada saat di mana rasa cemburu benar-benar menguasai diri anda sehingga anda menjadi sangat kalut, marah, atau bahkan menangis.  Jika hal ini terjadi, berarti anda harus segera membicarakan masalah anda dengan orang lain.  Cobalah untuk membagi perasaan dengan orang-orang terdekat, seperti saudara dan sahabat baik.
Jika anda tidak menceritakan masalah anda pada orang lain, rasa cemburu ini justru bisa menjadi suatu pendorong yang membuat anda melukai pasangan (baik secara mental maupun fisik).  Oleh karena itu, jangan ragu untuk bercerita, meminta nasihat dan support dari orang lain.
2.  Berhenti membanding-bandingkan diri anda dengan orang lain
Hal ini erat kaitannya dengan rasa percaya diri.  Terlalu banyak membandingkan diri anda dengan orang lain bisa membuat api cemburu semakin besar dan meredupkan rasa percaya diri.  Jangan membandingkan diri anda dengan orang-orang yang bisa membuat anda cemburu, namun fokuslah untuk meningkatkan kualitas diri anda.
Memang sudah menjadi sifat dasar manusia untuk membandingkan dirinya dengan orang lain.  Untuk menghentikan kebiasaan ini, anda perlu mengembangkan rasa syukur dan terimakasih atas semua yang sudah dikaruniakan pada diri anda.

1.  Percaya
Poin terakhir memang terdengar simpel tapi tidak mudah untuk dilaksanakan.  Ya, rasa cemburu bisa dimusnahkan dengan satu kata: "percaya".  Percayalah pada pasangan anda, dan percayalah bahwa anda adalah satu-satunya orang yang ada di hatinya.  Rasa percaya ini bisa diperkuat dengan berusaha untuk lebih mencintai satu sama lain.  Semakin kuat cinta di antara anda berdua, semakin besar pula rasa percaya satu sama lain.
Intinya, tips paling manjur untuk menghilangkan rasa cemburu adalah dengan memadamkannya dengan rasa cinta, saling percaya, dan bersyukur atas semua yang kita miliki.  Semoga tips dari kami ini berguna bagi anda.
Oleh: +Bisa Papua | Gabhex

Referensi :
1. http://kbbi.web.id/cemburu
2. http://www.top10indo.com/2013/06/10-tips-menghilangkan-rasa-cemburu.html

No comments

Powered by Blogger.