Top Ad 728x90

Thursday, March 2, 2017

,

Rakyat Harus Merdeka

Ilustrasi pembangunan

Terbangun pada pukul 06.00 WIB, ambil gelas dan siap putar kopi sambil rasakan dinginnya suasana pagi. Hujan semalaman membuat embun masih ada dan tanah kelihatan begitu basah. Secangkir mungkin cukup untuk pagi, itupun kalau diminum secara perlahan. Bagaimana, jika diminum terburu-buru; tentunya nikmat kopi hilang.

oh iya sobat-sobat, terutama yang sesama dari Papua, berita bagus kemarin di Sidang Dewan HAM PBB ada 7 Negara Pasifik yang singgung soal Papua. Tahun lalu ada 6 negara dna kini penambahan 1 negara lagi. Ada apa? mengapa mereka ikut bicarakan persoalan Papua ? ini tak lain karena ada rasa senasib sebagai bagian dari pasifik, bagian dari melanesia dan juga sesuai mukadimah UUD 45, penjajahan harus dihapuskan karena tidak sesuai....dst.

ah sudahlah itu persoalan politik, lanjutkan pemikiran dan tuliskan tentang hal-hal disekitarmu; bisikan halus dalam hati. Ia sih, urusan politik biarkan yang paham tentang hal itu yang menyampaikan. Bila butuh tenaga dan tindakan untuk hal lain, pastilah siap untuk berpartisipasi.

Indonesia negara yang menganut paham demokrasi, tetapi sejauh pengamatan, ruang demokrasi untuk rakyat Papua dalam menentukan nasib sendiri masih dibungkam. Bukankah, negara demokrasi menjamin? jangan-jangan indonesia bukan negara demokrasi tetapi negara yang baru belajar tentang demokrasi yang sesungguhnya.

Dalam pengertiannya, Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut.

Lalu apa yang terjadi bila ada rakyat disuatu wilayah yang merasa dijajah, yang merasa dan telah menjadi korban pelanggaran hak asasi manuasia oleh otoritas negara? Dimana kepedulian pemerintahan yang demokrasi dalam menjawab tuntutan rakyat diwilayah tersebut?

hhmmmm jauh dari harapan, bahkan harapan-harapan itu hampir terkubur bersama orde-orde yang terus berlanjut dipemerintahan negara ini.

Bagi saya yang terpenting adalah ketidakadilan yang telah terjadi, harus diproses; perampasan hak kedaulatan sebagai rakyat yang merdeka wajib untuk dikembalikan kepada rakyat; sehingga rakyat merasa merdeka. 

Merdeka

Gabhex | Bisa Papua

0 komentar:

Post a Comment

Top Ad 728x90