Top Ad 728x90

,

Itu Biasa, Dinamika Organisasi


Organisasi selalu ada kemajuan dan kemunduran, selalu ada kepemimpinan yang dianggap berhasil, setengah berhasil bahkan tak berhasil dalam menjalankan roda organisasinya. Organisasi, apapun bentuk organiasi itu, pastilah memiliki aturan aturan dasar baik untuk pengurusnya maupun anggota-anggota dari organisasi tersebut.

Apa saja yang kadang menjadi penyebab matinya sebuah organisasi? atau menurunnya semangat berorganisasi untuk pengurusnya maupun anggotanya?  tentu banyak hal yang bisa saja menjadi penyebab. Dinamika organisasi kadang bisa dimaksimalkan untuk menambah semangat dari organisasi itu sendiri tetapi terkadang dinamika itu dapat saja menjadi perpecahan yang bisa saja melahirkan dualisme dalam organisasi.

Organisasi pada dasarnya dibentuk dengan tujuan bersama dan bukan berdasar pada tujuan seseorang saja. Namun dalam perkembangannya organisasi banyak yang kemudian menjadi tinggal nama. Karena penerus dari organisasi itu, kader yang harusnya disiapkan tidak ada. Sehingga estafet organisasi tak bisa diteruskan.
Selain hal itu, aturan dasar dari organisasi itu tidak dipahami, tidak dijalankan dan sudah pasti tidak dipakai sebagaimana mestinya.

Foto bersama beberapa anggota PKMFP sebelum ke tempat Makrab

Gabhex | Bisa Papua


Top Ad 728x90