Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Adakah Dampak Gonta Ganti Template Blog?

Untuk kesekian kali sa ganti Template blogspot yang sa pake ini; dari template yang pertama sampai yang sekarang ini sudah sekitar 10 kali. Dan kemungkinan untuk ganti lagi ada,  kalau sa lihat kekurangan yang membuat tampilan yang sekarang ini tidak enak dilihat. Tidak friendly atau responsive tapi tata letak masih amburadul.

Screenshoot Blog BisaPapua
 Template yang tepat menurut saya itu harus enak dilihat mata, nyama dilihat pengunjung saat membaca isi dalam postingan blog tersebut. Bukan sebaliknya postingan sulit dibaca karena tata letak dan posisi huruf terlalu kecil atau malah terlalu besar.

Banyak disediakan template blogger dari yang gratisan sampai yang berbayar. Dari yang murahan sampai yang mahalan. Tergantung ko mau pilih yang mana. Ada template dari goyaba, templaism dll.

Dari personal sampai yang untuk tampilan news, dari yang responsive sampai yang biasa.
Sa lebih memilih tampilan yang simple dan responsive dengan sedikit sentuhan, utak atik kode akhirnya dapat hasil seperti tampilan yang sekarang ini. Su bagus menurut saya tapi ternyata ada dampak negatifnya.

Apa Dampak Ganti Template

Dari hasil survey melalui browsing ke berbagai situs blog yang lain, memang ada dampaknya ketika ganti-ganti template. Dampak dari ganti template itu antara lain   seperti disadur dari klikmania.net dibawah ini:

1. Traffic blog menurun
Akibat yang pertama jika anda terlalu sering sering mengganti template blog ialah turunnya traffic pada blog anda. Ya, sudah dapat dipastikan blog anda akan mengalami penurunan traffic jika bergonta-ganti template. Apakah anda pernah mengalami hal demikian? jika iya, maka mungkin saja traffic blog anda turun karena tindakan anda yang sebelumnya mengganti template.
Penurunan traffic ini bisa disebabkan karena rasa malasnya pengunjung melihat tampilan blog anda menjadi berantakan. Karena biasanya setelah mengganti template kita harus menata ulang kembali tampilan agar terlihat menarik, dan memasukkan beberapa struktur kode. Tentunya itu memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Sehingga, pengunjung setia anda yang tadinya selalu mencari informasi yang berkaitan topik terntentu ke blog anda menjadi malas untuk berkunjung, karena tampilan template blog anda yang belum rapih. Bisa juga karena mesin perayap google masih dalam proses merayapi ulang semua struktur kode template anda, dan itu juga membutuhkan waktu yang tidak singkat.

2. Blog terkesan tidak profesional dan tidak memiliki karakter


Akibat atau dampak yang kedua dari seringnya bergonta-ganti template ialah munculnya presepsi jika blog anda tidak profesional dan tidak memiliki karakter tersendiri. Profesional dan berkarakter merupakan blog yang sangat didambakan oleh setiap blogger, karena dengan blog yang terlihat profesional dan berkarakter akan mendatangkan nilai plus untuk blog tersebut dari segi apapun.
Namun, jangan harap penilaian tersebut diberikan kepada anda jika anda sering bergonta-ganti template. Kenapa bisa begitu? karena mayoritas pengunjung selalu menilai blog yang memiliki konsistensi. Jika anda sering bergonta-ganti template, apakah itu konsistensi ? Sudah jelas tidak, maka orang lain akan beranggapan bahwa blog anda tidak profesional dan tidak berkarakter.

Artikel lainnya : Apa itu Hosting dan Domain

Lalu bagaimana agar blog berkarakter dan profesional? Salah satunya dengan selalu menjaga konsistenti tersebut. Misalnya perluas konten yang bermanfaat, jangan terlalu sering sering mengganti template blog, buat suatu hal yang berbeda dengan blog lain (bisa dari segi bahasanya), dan lain-lain.

3. Terbuangnya waktu dengan percuma


Akibat selanjutnya atau yang ketiga ialah terbuangnya waktu produktif anda dengan percuma. Saat anda mengganti template blog sudah pasti anda akan mengatur kembali template tersebut baik dari struktur Html-nya, widget, dan lainnya. Mau tidak mau, anda harus meluangkan waktu yang tidak sebentar untuk mensetting template blog yang baru anda rubah.

Sehingga, dari situ akan membuat waktu produktif anda terbuang dengan percuma. Padahal sebenarnya anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk menulis artikel untuk memperbanyak konten, promosi blog untuk mendatangkan banyak pengunjung,dan aktivitas lainnya. Tapi, itu malah terbuang sia-sia.

4. Mempengaruhi SEO blog

Secara tidak langsung, bahwa sering mengganti template blog juga bisa mempengaruhi kualitas SEO pada blog tersebut. Mengapa demikian? Tentu saja mempengaruhi, karena menurut informasi mengganti template  membuat mesin perayap google harus merayapi kembali/ulang blog anda, dan itu membutuhkan waktu kurang lebih 1 minggu. Cukup lama bukan.
Kemudian, muncul adanya ketidakcocokan antara struktur kode html pada template sebelumnya dengan template yang baru. Sehingga hal tersebut akan menyulitkan  dan membingungkan kita untuk mengatur ulang template tersebut.

5. Blog menjadi berantakan dan tidak teratur

Akibat terakhir dari sering gonta-ganti template ialah blog menjadi berantakan dan sulit diatur. Setelah melalukan penggantian tamplate, maka anda akan dihadapi hal yang akan membuat anda bingung khususnya bagi yang belum mengerti.

Contohnya seperti, pengeditan tentang script template supaya rapih dan terstruktur, merapikan widget-widget baik itu mengurangi atau menambahkan.

Dan bagi anda yang terlalu sering mengganti template, maka anda akan mengalami hal seperti di atas yaitu blog anda akan menjadi berantakan dan tidak teratur. Karena, setiap struktur dari masing-masing template berbeda.

Demikian, itulah ulasan yang dapat saya sampaikan tentang 5 akibat buruk apabila sering mengganti template blog. Dari ulasan di atas, semoga dapat memberikan ilmu yang bermanfaat untuk anda semua.

Gabhex | Bisa Papua