Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

·    Pengertian budaya menurut Edward Burnett Tylor yang mengungkapkan bahwa pengertian budaya atau kebudayaan adalah keseluruhan dari yang rumit atau kompleks yang dalam telah terkandung kesenian, moral, adat istiadat, hukum, kepercayaan, pengetahuan dan berupa kemampuan-kemampuan yang lain yang diterima dari seseorang yang menjadi anggota masyarakat.

·    Pengertian Budaya atau kebudayaan menurut C. Kliucckhohn yang menyatakan bahwa pengertian budaya adalah suatu sistem mata pencaharian hidup, sistem teknologi dan peralatan, sistem pengetahuan, sistem kesenian, bahasa, religi, upacara keagamaan dan sistem organisasi masyarakat.

·    Pengertian budaya atau kebudayaan menurut Andreas Eppink yang menyatakan bahwa penegrtian budaya atau kebudayaan adalah sesuatu yang mengandung bentuk dari seluruh pengertian tentang nilasi sosial, ilmu pengetahuan, norma sosial serta keseluruhan dari struktur-struktur sosial, religius dan lain-lainnya, serta mengandung segala pernyataan intelektual dan artisitk yang menjadi ciri khas dari suatu masyarakat.

·    Pengertian budaya atau kebudayaan menurut Prof. Dr. Koentjoroningrat yang menyatakan bahwa pengertian budaya atau kebudayaan adalah keseluruhan pada sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya dari manusia didalam rangka berkehidupan bermasyarakat yang telah dijadikan sebagai miliki diri manusia dengan belajar. Hal itu berarti bahwa memang hampir dari seluruh tindakan manusia merupakan kebudayaan karena hanya sedikit dari tindakan manusia didalam rangka kehidupan bermasyarakat yang tidak butuh dibiasakan dengan melakukan belajar, seperti refleks, tindakan naluri, beberapa adanya tindakan akibat dari proses fisiologi, atau perilaku jika dia sedang membabi buta. Bahkan tindakan manusia itu merupakan suatu kemampuan naluri yang sudah terbawa oleh makhluk manusia yang didalam gennya secara bersama seperti minum, berjalan dan makan, dan juga dirombak olehnya menjadi suatu tindakan yang berkebudayaan.

·    Pengertian budaya atau kebudayaan menurut Ki Hajar Dewantara yang mengungkapkan bahwa pengertian budaya atau kebudayaan adalah suatu buah budi manusia yang berasal dari hasil perjuangan manusia terhadap adanya dua pengaruh yang kuat yaitu zaman (kodrat dan masyarakat) dan alam yang merupakan suatu bukti dari kejayaan hidup manusia untuk bisa mengatasi segala macam rintangan dan kesukaran yang ada didalam hidup dan penghidupannya yang berguna untuk mencapai suatu kebahagiaan dan keselamatan yang pada lahirnya telah bersifat damai dan tertib.

·    Pengertian Budaya atau kebudayaan menurut Malinowski yang menyebutkan bahwa pengertian budaya atau kebudayaan adalah yang prinsipnya berdasar atas segala bentuk sistem dari kebutuhan manusia. Pada setiap tingkat kebutuhan tersebut menghadirkan suatu corak budaya yang begitu khas. Semisal, berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia akan hidup keselamatannya maka timbullah kebudayaan yang berupa suatu perlindungan yaitu seperangkat budaya dalam bentuk yang tertentu semisal lembaga kemasyarakatan.

·    Pengertian budaya atau kebudayaan menurut E.B Taylor didalam bukunya “Primitive Culture” menyatakan bahwa pengertian budaya atau kebudayaan adalah sebuah satu kesatuan atau jalinan yang rumit yang mencakup kesenian, hukum, susila, adat-istiadat, pengetahuan dan kesanggupan-kesanggupan yang lainnya yang telah diperoleh dari seseorang sebagai suatu anggota masyarakat.

·    Pengertian budaya atau kebudayaan menurut Alfred G Smith yang mengungkapkan bahwa pengertian budaya adalah suatu kode yang telah kita pelajari secara bersama dan untuk hal itu dibutuhkan adanya komunikasi. Komunikasi tersebut membutuhkan adanya pengkodean dan simbol-simbol yang mesti dipelajari. Godwin C Chu telah mengatakan bahwa setiap pola budaya dan pada setiap tindakan tersebut telah melibatkan komunikasi. Untuk bisa dipahami maka keduanya mesti dipelajari secara bersama sama. Budaya tidak akan bisa terpahami tanpa kita mempelajari komunikasi dan komunikasi tersebut hanya bisa terpahami dengan kita bisa memahami budaya yang menjadi pendukungnya.