Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Begadang Boleh Saja, Kalau Ada Perlunya

"Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya

Begadang boleh saja, kalau ada perlunya"

Cuplikan lirik diatas hampir kita semua tahu lagunya pace Rhoma Irama, raja dangdut indonesia. 
Salahsatu tokoh yang memberi inspirasi dan mengambil jalan dakwah melalui lagu-lagu bergenre dangdut. 

Lirik diatas terlintas malam saat ini, malam kesekian kalinya "begadang" lagi dan lagi. Mungkin saja darah sudah berkurang. Tapi ada lanjutannya bagadang boleh saja kalau ada perlunya. Begadang sambil melakukan sesuatu yang memang bermanfaat. Seperti untuk begadang untuk belajar, begadang untuk membuat tugas dan lain-lainnya. Bukan sebaliknya begadang sampai pagi hanya online sambil menonton youtube, atau menontong siaran langsung difacebook, instagram dan sosial media ternama lainnya.

Malam begadang siang pasti kelelahan dan akhirnya siap tertidur dimana saja tempat yang rasanya nyaman.  Selain itu begadang malam pasti akan menganggu kosentrasi saat dikampus maupun saat mengikuti diskusi dengan teman-teman kampus.

Dikutip dari situs HaloSehat.com, Malam seharusnya menjadi waktu untuk tubuh kita beristirahat setelah seharian melakukan aktivitas, seperti bekerja, belajar, maupun aktivitas lainnya. Tidur malam idealnya harus dilakukan selama 8 jam, hal itu bertujuan agar sistem kerja tubuh dapat berjalan maksimal pada keesokan harinya.

Mengapa? karena hormon pertumbuhan manusia dan hormon kortek adrenal yang sangat penting untuk menunjang sistem metabolisme tubuh serta perkembangan fungsi otot dihasilkan pada malam hari. 
Jika seseorang sering begadang sampai larut malam, ini berarti akan mengganggu tubuh kita untuk menghasilkan kedua hormon tersebut,  yang nantinya akan berdampak serius bagi kondisi kesehatan kita, 

Masih dari halosehat.com disebutkan ada beberapa akibat yang dapat ditimbulkan dari efek begadang. Akibat dari begadang itu antara lain:

1. Kelelahan dan melemahnya sistem kekebalan tubuh
2. Sakit Kepala
3. Peningkatan Berat badan
4. Mempengaruhi kesuburan
5. Insomnia
6. Penyakit jantung dan stroke
7. Diabetes
8. Penyebab kanker
9. Penyebab Alzheimer
10. Gangguan pada kulit
12. Anemia
13. Masuk Angin

 Lantas begadang setiap malam ini untuk apa? jawaban saya adalah menjaga ibu yang sedang sakit.  Aktivitas begadang malam  ini akan terhenti bila nanti ibu sudah pulih. Semua kembali ke waktu normal, tidur 8 jam sehari dan mengikuti pola yang sesuai dengan anjuran kesehatan. 

Bagi teman, atau pengunjung blog ini yang ikut membaca spanggal tulisan ini dan juga sering begadang alangkah baiknya kurangi aktivitas begadang; perhatikan poin-point di atas, dari no 1 - 13. Antisipasi itu penting sebelum mengalami sakit akibat dari seringnyabegadang.


Selamat begadang :)

Gabhex | Bisa papua