Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Alasan Memilih Pemimpin

Setiap orang adalah pemimpin atas dirinya sendiri. Pemimpin yang memimpin harus punya pemahaman yang baik tentang kepimpinan. 

Pemimpin yang dipilih berdasarkan sistem demokrasi tentu berbeda dengan pemimpin yang ditunjuk oleh kelompok dan sebagainya. 

Bagaimana jika dalam suatu komunitas, wadah organisasi bahkan sampai tingkat yang lebih tinggi alasan apa yang dapat dipakai untuk menjadi dasar secara pribadi memilih pemimpin tersebut? 

Ini alasan-alasan yang bisa saja menjadi acuan dalam memilih pemimpin; antara lain :

1. Visi dan misi yang jelas
Pemimpin harus punya visi dan misi yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan dalam periode kepemimpinannya. Terlaksana dalam program kerja yang dapat terakomodir dan sesuai dengan waktunya. 

2. Berpengalaman
Punya segudang pengalaman yang menginspirasi. Pengalaman berorganisasi yang mumpuni dan bertahap dari tingkat dasar maupun  setelahnya. Punya keterlibatan dalam berbagai aktivitas organisasi dll. 

3. Pengetahuan
Sebagai pemimpin tentunya harus punya pengetahuan yang luas. Memahami dengan baik problem yang ada dan mampu memecahkan persoalan tersebut. Sehingga ketika menjadi pemimpin tentu mudah untuk mengatasi persoalan yang ada. 

4. Interaksi
Sebagai pemimpin tentu punya interaksi yang baik dengan internal maupun eksternal. Maupun dengan masyarakat luas. 

5. Ide, argumen dan emosional
Punya pengetahuan yang luas tentu saja memiliki ide yang brilian dan ketika diadu dalam argumen mampu menanggapi dengan baik. Bukan sebaliknya punya temperamen yang emosional. Jika sopan santun dalam sikap dan tindakan tentu akan didukung oleh anggota kelompok yang mendukungnya maupun oleh khalayak. 

Itu 5 alasan  yang menurut saya bisa menjadi acuan dalam versi yang berbeda terlepas sudut pandang yang lebih ahli di bidang tersebut. 
Catatan  ini hanya sekedar berbagi tanpa menggurui siapapun pembaca di blog ini. 

Salam
By Gabhex