Ini Tentang Agama dan Keluarga

Bulan ini bulan suci, bulan ini keluarga yang muslim menjalankan ibadah Puasa. Apa itu puasa dan bagaimana prosesnya bukan itu yang jadi pembahasan dalam tulisan ini tetapi tulisan singkat ini lebih kepada para penganut dari agama-agama didunia, terutama dalam keluarga yang terdiri dari beberapa agama.

Foto diatas itu adalah sebuah pertemuan antara adik dan kaka di alun-alun kota Yogyakarta. Mungkin karena saat ini bulan puasa sehingga saat saya perhatikan foto ini dengan seksama dan berusaha melihat arti yang sederhana tetapi sangat besar. Saya melihat didalamnya ada suatu kebersamaan, kekeluargaan tanpa memandang perbedaan agama. Saya beragama Protestan, kakak saya beragama Islam dan kekasih saya beragama katolik. Kami berdiri dan foto bersama pada momen pertemuan itu.

Santer beredar kabar agama ini tak boleh memberi ucapan dan sebagainya kepada agama yang ini karena haram hukumnya. Bagaimana dengan kami yang dalam satu keluarga terdiri dari tiga agama tadi. Saya pikir semua kembali pada kita. Agama yang didunia semua baik tetapi penganutnya yang kadang mengandalkan ego dan dalil dari agama.

Selain itu setiap orang bertanggung jawab pada dosanya sendiri. Agama hadir untuk membebaskan manusia dari dosa diakhir zaman. Agama hadir untuk kedamaian umat manusia. Agama tidak memerintahkan untuk umat manusia saling bunuh.

Saya tidak bermaksud mengurai untuk menggurui tetapi ini bagian daripada menyampaikan kepada para pengunjung blog ini dan siapa saja yang singgah dihalaman ini. Mari kita jaga tali silahturahmi antar umat beragama. Agar tercipta harmoni dalam keseharian kita.


EmoticonEmoticon