Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips : Bagaimana Memulai Menulis

Menulis memang tidak mudah, tetapi tergantung apa yang ingin dituliskan. Terkadang terjebak pada kalimat-kalimat awal yang kemudian menyulitkan untuk meneruskan tulisan tersebut. Atau bisa jadi tulisan kita berakhir hanya sebaris dan kemudian dihapus.

Dalam berbagi tips tentang menulis ini, yang saya maksudkan hanya sebagai awal bagaimana untuk biasakan menulis; karena dari kebiasan menulis satu dan dua kata dapat kita rangkai menjadi sebuah tulisan menarik yang layak dibaca.
Ilustrasi - http://nova.ilsole24ore. com/

Kita berada diera sosial media menjadi bagian tak terpisahkan, itu sudah sangat memudahkan untuk memulai menulis. Dan tips yang saya bagikan ini hanya untuk langkah bagaiman membiasakn diri menulis. Agar tulisan semakin wah...silahkan perbanyak dengan membaca, lalu dilanjutkan dengan rumus menulis 5W1H dan sebagainya.

Penulis hebatpun memulai dari tulisan takaruang, untuk menuju ke tulisan hebat ia melewati beragam proses. Lantas apa saja langkah mudah untuk memulai menulis? sederhana. Silahkan ikuti tips-tips dibawah ini:

1. Perbiasakan menuliskan status di sosmed misalnya facebook, dengan panjang kaliamat minimal 3 baris. Tuliskan saja aktivitasmu atau apa sedang kau amati.

2. Dalam sehari minila 3 sampai 5 kali update status di wall facebook. Status yang diupdate bisa saling berhubungan ataupun terpisah tergantung suka-suka anda tetapi tetap minimal 3 baris.

3. Hari pertama, jika 3 status ditulis, masuk hari kedua naikan jumlah menjadi 6, begtupula haris selanjutnya.

4.  Dihari keempat mencoba menulis status dilengkapi waktu, misalnya jam nya ditambah, bahkan tanggal dan lokasi atau tempat sesuai isi tulisan/status itu.

5.  Hari keenam masih sama seperti sebelumnya tetap menulis status dan tambahkan waktu serta lokasi.

6. Seminggu tepat coba kumpulkan status tersebut, di copy ke word dan lihat berapa jumlah kata, berapa panjang tulisan itu. Seandainya status dari awal sampai akhir ada keterkaitannya maka bisa menjadi suatu rangkaian kalimat utuh untuk sebuah artikel .

Tips sederhana ini hanya untuk melatih memulai menulis, soal apa yang ditulis kembali ke anda sendiri, jadikan segala hal yang bisa dan terlintas dipikiran, tuliskan itu. Karena dari kebiasan-kebiasan itu akan memberi anda semangat untuk terus menulis. Untuk menulis lebih sempurna tinggal mencari tips menulis dari para master/atau cari-cari di om google.

Sekian dan terimakasih

Gabhex | Bisa Papua