Thursday, June 28, 2018

4 Misteri Dan Fakta Di Danau Toba, No. 1 & 4 Tak Banyak Orang Tahu

Misteri Dan Fakta Di Danau Toba - Kapal tenggelam km sinar bangun di Danau Toba beberapa waktu lalu menyita banyak perhatian publik. Muatan yang melebihi kapasitas ditambah badai angin yang datang tiba-tiba diduga menjadi faktor penyebab tenggelamnya kapal tersebut.
Lebih dari 100 penumpang sampai saat ini belum diketahui kabarnya, mereka dinyatakan hilang saat kejadian.
Lalu, kemanakah hilangnya mereka? Banyak masyarakat yang ternyata mengaitkan kejadian ini dengan hal-hal mistis, mengingat danau Toba bukanlah danau yang biasa dan dikenal angker. Kabarnya para penumpang di kapal tersebut banyak yang melanggar aturan seperti minum-minum, menyalakan musik dengan kencang, serta berkata kotor.
Padahal warga setempat sangat menghormati aturan-aturan yang berlaku disana, termasuk hal mistis yang akrab terdengar di Danau Toba. Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut di bawah ini ada beberapa fakta dan mitos yang ada di sekitar Danau Toba.

  1. Tanaman penghisap

triviamgz.com : Entah sejenis akar-akaran atau rumput air, beberapa orang yang pernah berenang di Danau Toba ternyata memiliki cerita-cerita aneh tentang kejadian yang mereka alami. Saat berenang jauh dari tepi, banyak dari mereka yang merasa ditarik ke bawah secara perlahan-lahan oleh tanaman yang cara kerjanya melilit di bagian kaki itu. Bahkan seorang turis asing yang hendak melakukan penelitian mengenai kedalaman Danau Toba pun mengurungkan kembali niat tersebut karena melihat seramnya rerimbunan tanaman aneh ini.

 2. Penangkapan ikan mas raksasa 

www.tribunmedan.com : Beberapa hari sebelum tenggelamnya kapal Sinar Bangun, dikabarkan para pemancing di Danau Toba berhasil mendapat seekor ikan mas raksasa seberat 14 kg. Sayangnya, mereka tak mengindahkan nasihat tetua disana agar mengembalikannya ke danau. Malahan mereka menjadikan ikan raksasa tersebut sebagai santapan bersama. Untuk pertama kalinya, kesalahan besar ini terjadi di Tao Silalahi.

Bagaimana tidak? Sedari dulu warga yang menemukan ikan mas raksasa tak ada yang berani menyantapnya karena hal itu dianggap sangat sakral, mengingat legenda terbentuknya Danau Toba sendiri berkaitan erat dengan sesosok siluman ikan mas yang menjelma jadi wanita cantik. Bahkan menurut beberapa tokoh spiritual disana, karamnya kapal Sinar Bangun bisa dibilang sebagai bentuk balasan atas perilaku buruk para pemancing tersebut. 



3. Pantangan dan aturan saat berwisata di Danau Toba

kompasiana.com : Meludah sembarangan, melakukan hal-hal yang tidak beretika, dan mencelupkan kaki ke danau saat berada di atas kapal adalah hal-hal yang harus dihindari, hal ini dianggap tidak sopan bagi mereka yang percaya akan hal-hal mistis. Selain itu, ucapan santabi opung yang artinya permisi opung (leluhur) konon menjadi hal yang wajib diucapkan oleh para wisatawan yang berkunjung ke sekitar Danau Toba.  

4. Mitos di Batu Gantung 

grid.ID : Batu ini terletak di tebing pinggir Danau Toba. Konon katanya ada marga tertentu yang tidak dibolehkan berada di sekitar Batu Gantung karena diyakini akan terjadi hal-hal buruk pada si pemilik marga tersebut.

 5. Teori terbentuknya Danau Toba

triviamgz.com : selain versi cerita legenda, beberapa sumber berpendapat jika letusan gunung yang maha dahsyat di masa lampau juga menjadi salah satu teori terbentuknya Danau Toba. Teori ini diyakini menjadi salah satu faktor mengapa Danau Toba memiliki gaya gravitasi. Hal ini dapat membuat pesawat kecil yang melintas di atas Danau Toba terasa berat jalannya dan mengalami sedikit turbulensi. Itulah beberapa fakta dan mitos yang ada disekitar Danau Toba. Percaya atau tidak, semua kembali pada keyakinan masing-masing.


Jangan lupa untuk ikuti channel, silahkan klik : 

Silahkan nonton video dibawah ini:

Jangan lupa klik "like/sukai" di bawah ini:
No comments:
Saa Pukomentar