Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengatasi Kompor Gas Susah Nyala Saat Ganti Tabung

Seringkali ketika gas elpiji berukuran 3kg habis dan sewaktu mengganti setelah terpasang saat akan menyalakan, dikontak eh ternyata tak ada nyala, bau gas malah makin tercium. Sudah beberapa bulan alami hal ini, termasuk saat saya menuliskan ini. Baru saja selesai mengganti tabung gas dan alami hal yang sama.

Sebelum saya tahu penyebab utamanya itu, langkah yang saya ambil adalah dengan melepas selang penghubung di regulator. Setelah dilepas, saya bersihkan dengan cara meniup secara manual. Lalu dipasang lagi dan nyalakan.

Memang cara ini berhasil untuk beberapa kali. Namun yang jadi permasalahannya adalah, harus melepas sekrup/baut yang menahan selang dengan saluran diregulator. Apa harus setiap kali pergantian tabung harus dilakukan dengan cara begini. Tadi saat pemasangan tabung, saya alami hal yang sama.

Daripada saya harus membongkar mending saya searching di google. Siapa tahu ada yang punya masalah yang sama dan sudah lebih dulu mengulas diblog.
Wah ternyata banyak juga yang sudah mengulas tentang Mengatasi Kompor Gas Susah Nyala Saat Ganti Tabung  Gas Baru. Diurutan urutan pencarian google, ada blog yang mengulas dan tanpa buang waktu mengklik url tersebut untuk membaca isinya. Mungkin saja apa yang saya caritersedia disana.

Dan benar saja, tips yang dimuat sangat-sangat sesuai dengan masalah tabung gas yang sedang saya hadapi. lantas apa saja tips yang dimuat disana? selain tips, alangkah baiknya melanjutkan dengan mengenal bagian-bagian dari tabung gas dll.

Berikut saya lansir dari blog yang beralamat www.herryvai.blogspot.com tentang mengatasi kompor gas susah nyala saat ganti tabung gas baru dibawah ini:

Regulator Gas adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengeluarkan gas dari tabung kemudian menyalurkanya ke selang sampai ke kompor sehingga kompor bisa dinyalakan dan keluar api.
Nah, dari gambar Regulator di atas, saya mau sedikit jelaskan tentang beberapa bagian dari Regulator tersebut. Salah satu bagian yang coba saya bahas adalah Pengaman Regulator. Pengaman itu sendiri terdapat/terpasang di dalam ujung Regulator (Bagian yang di lingkari merah pada gambar), atau dalam istilah lainnya biasa di sebut Pentilator.

Pentilator adalah piranti logam berbentuk tabung yang memiliki lubang di masing masing ujungnya, dan di dalamnya terdapat pelor atau gotri yang bisa bergerak dari ujung satu ke ujung lubang lainya dari tabung tersebut tergantung tekanan gas dan udara dalam Pentilator itu sendiri.

Tentang beberapa kasus yang pernah saya temui, saya dapat sedikit menyimpulkan bahwa sebagian besar kasus kompor gas tidak bisa menyala setelah ganti tabung gas baru adalah karena tidak mengalirnya gas dari dalam tabung menuju ke selang karena terhenti di bagian Pentilator tersebut atau di ujung Regulator saja, Penyebabnya adalah tidak lain karena Pentilator menutup secara otomatis dikarenakan adanya ketidakseimbangan tekanan gas dan tekanan udara di dalam alat tersebut saat di pasang tabung gas baru, sehingga menyebkan pelor/gotri di dalamnya menutup di satu lubang bagian Pentilator yaitu di ujung Regulator.

Disini saya pengen bagi sedikit tips mudah mengatasi masalah tersebut.

Caranya adalah sebagai berikut :
1. Jika kompor susah di nyalakan, dalam kondisi Regulator terpasang pada tabung, ketuk ketuk bagian Pentilator/ujung Regulator 2 - 5 kali ketukan, kemudian kompor coba dinyalakan kembali.

2. Jika dengan cara pertama kompor belum bisa nyala juga, coba lepas Regulator kemudian pegang dan kocok atau goyangkan naik turun beberapa kali, setelah itu pasang kembali Regulator ke tabung, kemudian coba nyalakan kompor.

Demikian sedikit tips, semoga berhasil...

Gabhex | Bisa Papua